Selasa, 29 Mei 2018

Keindahan Wisata Dan Kisah Sejarah Legenda Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Keindahan Wisata Dan Kisah Sejarah Legenda Goa Akbar Tuban Jawa Timur - Wisata alam Goa Akbar terdapat di Jalan Gajah Mada Tuban, Jawa timur. Tidak susah untuk temukan Goa Akbar karna letaknya di jalur paling utama dari Surabaya menuju Semarang. Terlebih berada pas di belakang pasar baru Tuban.

Keindahan Wisata Dan Kisah Sejarah Legenda Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Luas tempat lokasi wisata alam ini sekitaran 1 hektar serta baru dikelola dengan serius oleh pemerintah daerah Tuban mulai sejak th. 1998. Terlebih dulu, dilewatkan tidak terurus serta banyak orang-orang yang belum juga ketahui kehadiran goa itu, yang konon adalah tempat persembunyian brandal Lokajaya yang lalu di kenal jadi Sunan Kalijaga.

Sekarang ini Goa Akbar jadi wisata andalan kota Tuban yang dipercantik dengan sebagian sarana pendukung supaya wisatawan nyaman bertandang untuk nikmati situasi Goa yang menarik. Dekorasi gua yang dibantu dengan lampu hias menyuguhkan dimensi bebatuan yang menarik.

Pelataran serta jalur menuju goa sudah paving block serta diberi pagar steinless steel jadi pagar pembatas serta keselamatan pengunjung.

Keindahan Wisata Dan Kisah Sejarah Legenda Goa Akbar Tuban Jawa Timur

Terdapat banyak versus yang terkait dengan nama Goa Akbar ini. Dulu di sekitaran goa banyak didapati pohon Ngabar (Abar) yang dalam bhs Jawa bermakna latihan. Goa ini jadi tempat latihan prajurit Ronggolawe, yang merencanakan membuat pemberontakan ke Kerajaan Majapahit karna ketidakpuasan atas pelantikan Nambi jadi Maha Patih Majapahit. Pada akhirnya orang-orang setempat menamakan tempat ini jadi Dusun Ngabar yang saat ini masuk lokasi Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Versus beda mengatakan, nama Goa Akbar didapatkan dari Sunan Bonang waktu bertandang kedalam goa sesudah di ajak oleh berandal Lokajaya yang diusir oleh ayahnya. Beliau kagum serta saat itu juga berucap “Allahu Akbar”. Mulai sejak tersebut dimaksud Goa Akbar.

Di wisata alam Goa Akbar ada sumber air yang bernama Kedung Tirta Agung serta ada ruangan yang begitu luas yang di kenal jadi Paseban (ruangan pertemuan) dengan hiasan Stalagtit serta stalagmit serta diakui jadi tempat berkumpul serta bermusyawarah beberapa Sunan.

Hotel berbintang dengan tarif murah yang dekat dengan lokasi wisata alam Goa akbar Tuban ada di Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar