Minggu, 27 Mei 2018

Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur

Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur-  Tuban rupanya mempunyai air terjun yang memiliki keindahan menarik. Ketinggian air terjun nglirip tuban juga cukuplumayan sekitaran 25-30 mtr., dengan pemandangan alam di sekelilingnya yang hijau serta fresh. Ini jadikan wisata alam air terjun nglirip jadi alternatif wisata d kota tuban.

Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur

Lokasi Serta Rute Menuju Ke Air Terjun Nglirip Tuban 
Air terjun nglirip ini ada di pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten tuban, Jawa timur. Air terjun nglirip ini ada pada titik koordinat -6. 968034, 111. 794070. Bila bingung ingin ke sana copy pastekan saja titik koordinat itu ke hp pandai, kelak segera di tunjukin sama google map. hehe

Untuk menjangkau air terjun nglirip tuban, beberapa wisatawan yg tidak memakai mobil sendiri dapat memakai angkot. Ada 2 rute untuk menuju ke air terjun nglirip yang pertama yaitu Rute Montong. Segera memakai angkot dari terminal Tuban menuju ke Montong, lantas lanjut menuju daerah jojogan. air terjun nglirip ada diantara jalur Montong serta jalur Jojogan.

yang ke-2 yaitu rute ke air terjun nglirip melalui Rute Singgahan. wisatwan dapat naik angkutan umum dari mulai terminal Tuban, lantas dapat memakai bis ke Jatirogo, bis ini kelak juga akan berhenti di terminal Bojonegoro yang kelak segera menuju ke daerah jatirogo. Kemudian bisa turun di pertigaan warung anjlok, Jojogan. Dari pertigaan itu air terjun nglirip telah tidak jauh sekitaran 1 km saja.
Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur


Legenda Air Terjun Nglirip Tuban Jawa Timur 
Ada satu mitos untik di sekitaran air tejun nglirip. Untuk tiap-tiap pasangan yang tengah pacaran juga akan putus kurang dari 40 hari bila pacaran di air terjun nglirip ini. atau pasangan calon pengantin yang nekat bercumbu di sekitaran air terjun. umumnya hubungan akan tidak lama sekali lagi juga akan bubar.

Ini berawal dari mitos orang-orang sekitaran air tejun nglirip. Kono pada zama dulu ada pasangan kekasih yang berlainan kelompok atau kasta, Sang pria yaitu seorang keturunan dari kelompok kaya raya atau bangsawan serta sang gadis yaitu gadis desa putri pasangan petani desa.

Dulu pasangan yang tengah jatuh cinta itu tidak disetujui oleh orangtua sang pria. Karena sebab sang pria yaitu putra keluarga bangsawan, karna sang putratidak menuruti tekad sang bapak, jadi bapak pria itu menyuruh pengawalnya untuk membunuh putranya itu. karna dapat bikin malu keluarga besar bangsawan.

Pada akhirnya sang gadis sangat sedih serta tidak yakin karena sang pria sudah tidak ada. Karna kesedihanya itu sang gadis bersemedi didalam goa tersembunyi dibalik air terjun nglirip. Sang gadis pada akhirnya bersemedi di goa dibalik air terjun nglirip itu hingga akhir hayatnya. Kono tuturnya arwah gadis itu yang membawa kutukan di air terjun nglirip. warga sekitaran mengatakannya putri nglirip.
Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur

Sarana Di Sekitaran Air Terjun Nglirip 
Di balik legenda serta mitos di orang-orang sesungguhnya air terjun nglirp yaitu air terjun yang begitu indah, terlebih di waktu musim kemarau walaupunoun airnya berdebit kecil, tapi sangat jernih serta fresh. Sayangnya tidak di imbangi dengan pembangunan bebrapa sarana di sekitaran air terjun.

Di air terjun nglirip ini belum juga ada sarana seperti toilet ataupun mushola. Di sana cuma terdapat banyak warung makan penjual camilan saja. Mushola serta toilet paling dekat ada di desa sekitaran air terjun nglirip itu sendirim ituoun yaitu mushola punya desa itu.

Info Pesona Dan Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Nglirip Kabupaten Tuban Jawa Timur

Pesona Air Terjun Nglirip 
air terjun nglirip mempunyai tinggi sekitaran 25 mtr., tidak cukuo tinggi memanglah, tapi karna ada di tebing dengan lebar sekitaran 20 mtr. serta ada di cekungan jadi buat air terjun ini mempunyai keindahan yang berlainan dari air terjun beda.

Waktu musim kemaraupun air terjun nglirip tidak kering, cuma debet airnya saja yang menyusut. Namun malah saat musim kemarau berikut air terjun nglirip begitu indah. Karna pemandangan nya tetaplah hijau serta mempunyai air yang jernih dengan warna kebiruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar