Senin, 28 Mei 2018

Objek Wisata Rohani Goa Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur

Objek Wisata Rohani Goa Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur - Tempat wisata rohani Katolik ini sebagai tempat ziarah yang harus dikunjungi jika wisatawan yang bertandang ke Jawa Timur. Lokasi Gua Maria Lourdes ini terdapat di desa Pohsarang, kecamatan Semen, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Bila menggunakan kendaraan pribadi dari kota Kediri, memerlukan saat sekitar 1 sampai 1 jam 30 menit. Bila dari Suarabaya, memerlukan saat sampai 2 jam, demikian halnya yang dari Malang sekitar 2 jam saat tempuhnya. 


Objek Wisata Rohani Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur

Tinggi patung bunda Maria dalam Gua ini setinggi lebih dari 3 meter, serta tinggi tebingnya sendiri lebih dari 10 meter. Gua Maria Lourdes ini adalah duplikasi Gua Maria Lourdes yang berada di Perancis. Gua Maria ini disebutkan Goa Maria Lourdes karna sebelumnya, didalam gereja ada tiruan Gua Lourdes di Perancis. 


Objek Wisata Rohani Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur

Tempat Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri ini begitu unik, mulai dari bangunan sampai pengaturan taman yang berada di sekitar Gua Maria, teratur demikian rapi serta indah dilihat. Bangunan gereja sebagai tempat umat katolik melakukan perayaan ekaristi juga unik, tidak ada dinding tertutup, semua terbuka namun cuma dibatasi pagar batu alam yang indah, altar persembahan juga tampak eksotik dengan kayu asli. 

Terkecuali mengunjungi Gua Mariah Lourdes Puhsarang, beberapa pesiarah dapat juga menggerakkan beribadah jalan salib, karna dilingkungan Gua Maria Lourdes ada stasi jalan salib alam, disana ada 15 stasi mulai dari Yesus dijatuhi hukuman sampai Yesus naik ke surga yang tampak cuma makam kosong. 


Objek Wisata Rohani Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur

Panduan Mengunjungi Gua Mariah Puhsarang Kediri 

  • Untuk wisatawan yang ingin bertandang ke Gua Maria Puhsarang Kediri, tersebut ini sebagian panduan dari situs (blog) Objek Wisata ini semoga bermanfaat. 
  • Sebelumnya masuk, ruang atau taman wisata Gua Mariah, parkirlah kendaraan ditempat yang sudah disiapkan, biaya parkir roda dua Rp. 3. 000. Parkir roda empat, saya sendiri kurang tahu, tapi peluang Rp. 5. 000., 
  • Sesudah memarkirkan kendaraan, coba mulai masuk taman di sekitar gereja Santa Maria, anda dapat berfoto-foto disini. Bahkan juga tidak cuma orang katolik saja yang bekunjung ke lokasi ini, banyak saudara kita dari muslim juga tampak berfoto ditempat ini (saat saya mengunjungi Gua maria Puhsarang 2 hari sebelumnya Idul Fitri 2013 lalu). 
  • Sesudah usai berfoto ria di taman, teruskan perjalanan menuju tempat penjualan oleh-oleh khas Gua Maria Puhsarang. Ditempat ini anda janganlah segera belanja dahulu, yang perlu anda belanja disini yaitu lilin. Lilin ini nanti untuk berdoa di Gua Maria ataupun jalan salib. Bila anda cuma berdoa di Gua Maria anda dapat beli lilin seperlunya, namun apabila anda menginginkan ikuti jalan salib, anda dapat memperhitungkannya karna ada 15 perhentian (stasi). Sesudah lengkapi diri dengan lilin serta kebutuhan doa yang lain baru masuk lokasi Gua Maria Lourdes. Didalam Gua Maria Lourdes, begitu teduh, capek, raih perjalanan bahkan juga hilang saat itu juga, smua lelah terbayarkan sesudah masuk ruang Gua. 
  • Di ruang Gua juga tidak diperbolehkan untuk konsumsi makanan, karna tempat ini walau begitu pas untuk berisirahat, namun tempat ini dikhususkan untuk pesiarah yang berdoa. Terdapat banyak bangku panjang disiapkan disini sebagai tempat duduk untuk pendoa. Berdoalah disini, baru meneruskan perjalanan ke ruang jalan salib alam. 
  • Sesudah usai lakukan siarah kedalam ruang Gua Maria serta jalan salib, baru anda keluar serta pilih oleh-oleh khas Gua Maria Puhsarang sebagai kenang-kenangan buat anda. Saya percaya anda akan mengunjungi Gua ini kembali sesudah mengunjunginya pertama kalinya. 



Objek Wisata Rohani Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri Jawa Timur

Semoga informasi Objek Wisata Gua Maria Lourdes Puhsarang Kediri ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang mencari tempat wisata rohani di Indonesia, terutama tempat wisata rohani Katolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar