Senin, 28 Mei 2018

wisata Yang Indah Di Sertai Cerita Legendanya Asal Usul Nama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur

Wisata Yang Indah Di Sertai Cerita Legendanya Asal Usul Nama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur - Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan adalah satu air terjun setinggi 40 mtr. yang ada di lereng Gunung Arjuno, serta jadi satu diantara tujuan wisata favorite di Pasuruan. Karna tempatnya yang ada di lokasi pegunungan, wisatawan yang bertandang ke tempat ini akan melihat pemandangan alam dengan hamparan pohon-pohon yang begitu memukau.

wisata Yang Indah Di Sertai Cerita Legendanya Asal Usul Nama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur

Air Terjun Kakek Bodo Tretes, Prigen, Pasuruan 
Sampai kini orang orang mengetahui Jawa Timur jadi daerah yang kaya wisata Pantai. Walau sebenarnya, jika di explore lebih mendalam, Jawa Timur bukan sekedar mempunyai banyak pantai saja, tetapi banyak wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, seperti theme park, gunung, Air terjun serta satu diantaranya yakni Air Terjun Kakek Bodo yang terdapat di Tretes, Prigen, Pasuruan ini.

Sumber air terjun ini datang dari Sungai Kaligetik. Pas di bawah curahan air terjun ada satu kolam alami dengan kedalaman 1 sampai 5 mtr.. Saat wisatawan bertandang ke tempat ini, kolam yang ada pas di bawah deburan air terjun ini jadi tempat yang tidak terlewati, baik untuk tempat mandi ataupun berfoto.

Sarana sarana yang ada di wisata Air Terjun Kakek Bodo ini cukup mencukupi, diantaranya ;

  • Musholla 
  • Kolam Renang 
  • Taman bermain anak 
  • Kios 
  • Shelter 
  • Toilet 

Dengan terdapatnya sarana pendukung itu, wisatawan bisa lebih leluasa dalam nikmati berlibur nya.

Sebelumnya menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, wisatawan mesti memarkirkan kendaraan nya pas di pintu gerbang menuju lokasi, karna akses jalan tidak sangat mungkin. Sesudah memarkirkan kendaraan nya, wisatawan bisa meneruskan dengan jalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun. Perjalanan itu lebih kurang menelan saat 1 jam. Walau mesti jalan kaki sejauh 1 km, wisatawan tidaklah perlu cemas karna akses jalan cukup bagus. Serta ditengah perjalanan, wisatawan juga akan disajikan dengan pemandangan yang yang menarik.

wisata Yang Indah Di Sertai Cerita Legendanya Asal Usul Nama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur

Legenda Atau Asal Saran Air Terjun Kakek Bodo 
Di balik keindahan serta eksotisme yang dipunyainya, air terjun ini mempunyai cerita yang cukup melegenda. Diceritakan, pada zaman dahulu kala, ada seseorang lelaki tua yang mengabdikan hidupnya pada satu keluarga belanda yang kaya raya. Disuatu hari, sang kakek itu mengambil keputusan untuk bertapa di rimba belantara, persisnya di satu air terjun. Sang kakek bertapa karna menginginkan melupakan segalanya yang berbentuk duniawi.

Karna ketentuan nya itu, orang belanda yang sebagai bekas majikan nya mengatakan sang kakek jadi “Kakek Bodoh”. Telah di beri sarana, upah yang cukup, serta tinggal ditempat yang enak, namun sang kakek jadi pilih bertapa di dalam rimba belantara. Namun tidak diduga, dengan bertapa di air terjun itu, sang kakek memperoleh satu kesaktian. Dengan kesaktian yang diperoleh nya, sang kakek memakainya untuk menolong siapa saja yang memerlukan pertolongan.

Tersebut sekelumit cerita sebagai latar belakang asal mula nama Air Terjun Kakek Bodo ini.

wisata Yang Indah Di Sertai Cerita Legendanya Asal Usul Nama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur

Makam Kakek Bodo 
Terkecuali melihat deburan air terjun serta pemandangan di sekitarnya, wisatawan juga memiliki kesempatan melihat dengan segera Makam tempat Jasad Kakek Bodo dikebumikan, serta tidak sembarang orang dapat masuk ke tempat itu.

Ticket Masuk Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan 
Satu diantara hal yang mengasyikkan saat bertandang ke tempat ini yakni cost nya yang begitu ramah. Cost yang perlu di keluarkan saat bertandang ke wisata ini diantaranya ;

  • Ticket Masuk orang dewasa (di atas 10 thn) : Rp. 10. 000 
  • Anak anak di bawah 10 thn : gratis 
  • Cost parkir kendaraan : Rp. 5. 000 

Dengan harga yang demikian murah, wisatawan bisa liburan dengan rombongan tanpa ada dipusingkan dengan harga ticket masuk.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan 
Air Terjun Kakek Bodo terdapat lebih kurang 60 km dari pusat Kota Surabaya, serta menelan saat sekitaran 1 jam perjalanan jika pergi dari Bandara Juanda. Namun jika pergi dari Pusat Kota Pasuruan, pasti perjalanan yang di tempuh semakin lebih dekat. Untuk lokasi persisnya, Air Terjun Kakek Bodo ini ada di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar