Senin, 28 Mei 2018

Keunikan Wisata Serta Sejarah Asal Usul Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Keunikan Wisata Serta Sejarah Asal Usul Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur - Pacitan memanglah di kenal jadi kota 1001 gua. Satu diantaranya Gua Tabuhan di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung. Guy ini berhasil menyedot perhatian wisatawan.

Keunikan Wisata Serta Sejarah Asal Usul Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Kekhasan gua satu ini dapat dikenali dari namanya, ‘tabuhan’, yang dalam bhs Jawa bermakna membunyikan alat musik jam. Wisatawan dapat menabuh stalaktit serta stalaknit untuk keluarkan alunan musik.

Pemandu wisata gua, Sumaryo (66), menjelaskan, Gua Tabuhan di buka jadi obyek wisata mulai sejak 1995. Tiap-tiap th. berlangsung penambahan jumlah wisatawan, bukan sekedar domestik, tapi juga wisatawan mancanegara.

“Tiap akhir minggu umumnya ada pertunjukkan musik, alat musiknya gunakan stalaktit serta stalaknit disini, ” tuturnya pada Cendana News, Minggu (12/11/2017).

Jadi kadang-kadang, lanjutnya, bila wisatawan membludak pemain musik dengan suka-rela memainkan lima lagu tradisionil sepanjang 20 menit, wisatawan cuma diminta membayar seiklasnya. “Jika menginginkan pertunjukkan musik, dapat pula segera bayar Rp100 ribu, ” katanya.

Ada 30 km dari pusat kota, Gua Tabuhan dapat dijangkau dengan gampang. Pasalnya, akses jalannya mulus dan banyak alat transportasi umum menuju ke gua yang dikatakan sebagai Gua Tapan ini.

Keunikan Wisata Serta Sejarah Asal Usul Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

“Di dalam gua ada dua ruang besar serta ada satu jalan buntu yang diakui jadi tempat pertapaan, petilasan dari Sentot Prawirodirjo, ” cakapnya.

Menurut narasi, Gua Tabuhan ini jadikan tempat pertapaan Sentot Prawirodirjo yang disebut panglima jaman perang Diponegoro pada kurun 1825-1830. Menariknya, gua ini mempunyai bentuk stalaktit serta stalaknit dengan panjang 7 mtr. serta diameter 1 mtr., bila dipukul dapat keluarkan nada seperti gamelan.

“Ruangan yang berada di dalam gua mempunyai panjang 90-100 mtr. dengan lebar 30 mtr., ” katanya.

Keunikan Wisata Serta Sejarah Asal Usul Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Pengunjung dapat juga membayar tur guide bila menginginkan masuk Gua Tabuhan lebih dalam, komplit dengan senter jadi alat penerangan. Tak ada patokan cost spesial yang perlu di keluarkan, pengunjung cuma diharuskan membayar suka-rela. “Pertunjukkan gamelan batu jadi satu diantara daya tarik website gua ini”, katanya.

Bila menginginkan bertandang ke Gua Tabuhan, Anda cukup merogoh kocek Rp5 ribu untuk dewasa, Rp3 ribu untuk anak-anak serta Rp10 ribu bila wisatawan mancanegara. Harga ini beralih bila masuk akhir minggu, naik Rp3 ribu per pengunjung.

1 komentar:

  1. Walaupun saya pernah tinggal dekat pacitan, tapi saya belum pernah mampir ke Goa Tabuhan pacitan, katanya ada batu yang bila di tabuh bisa mengeluarkan bunyi, saya jadi sangat tertarik datang kesana, sembari liat keindahan lautnya sekalian

    BalasHapus