Sabtu, 26 Mei 2018

Lokasi Wisata Serta Sejarah Danau Ronggojalu Probolinggo Jawa Timur

Lokasi Wisata Serta Sejarah Danau Ronggojalu Probolinggo Jawa Timur - Danau Ronggojalu Probolinggo yaitu satu wisata danau yang mempunyai pemandangan alam yang begitu indah. Terkecuali jadi obyek wisata, danau ini digunakan jadi sumber air bersih yang dipakai untuk penuhi keperluan industri masyarakat setempat. Kemampuan air di danau ini menjangkau 3000 liter sehari-harinya. Serta Air yang ada datang dari sumber mata air murni dari alam.

Lokasi Wisata Serta Sejarah Danau Ronggojalu Probolinggo Jawa Timur

Wisata Danau Ronggojalu Probolinggo yang Menghibur 
Karna kwalitas air yang begitu bersih serta alami, terkecuali dipakai untuk fasilitas industri, air di Danau Ronggojalu ini digunakan jadi pemenuhan keperluan air minum serta pengairan persawahan warga setempat.

Terkecuali pemandangan yang menarik serta situasi di lokasi yang begitu sejuk, di Danau Ronggojalu Probolinggo juga ada beragam wahana serta beragam sarana yang ideal. Satu diantara wahana paling favorite di danau Ronggojalu yaitu kolam renang anak anak yang diperlengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk sekedar duduk enjoy, serta warung warung yang jual jajanan ciri khas Probolinggo.

Lokasi Wisata Serta Sejarah Danau Ronggojalu Probolinggo Jawa Timur

Jadi saat wisatawan bertandang ke tempat ini, mereka bukan sekedar bisa nikmati pemandangan danau, tetapi juga bermain main di wahana yang begitu menghibur.

Histori Atau Asal Saran Danau Ronggo Jalu 


Lokasi Wisata Serta Sejarah Danau Ronggojalu Probolinggo Jawa Timur

Danau Ronggojalu, Danau dengan Wahana yang Menghibur Danau Ronggojalu, Danau dengan Wahana yang Menghibur Danau Ronggojalu, Danau dengan Wahana yang Menghibur
Pemandangan Danau Ronggojalu

Cerita terjadinya Danau Ronggojalu ini dimulai oleh perang saudara pada seorang yang bernama Ki Ronggo serta saudara kandungnya sendiri, Ki Jalu. Perselisihan itu dilatar-belakangi oleh persaingan perebutan lokasi. Terjadi peperangan hebat pada ke-2 orang itu. Ditengah peperangan yang tengah memanas, tiba tiba datang sesosok Kyai sakti. Serta Kyai itu punya maksud untuk hentikan peperangan pada saudara kandung itu.

Kyai sakti itu berupaya untuk memberikan keyakinan Ki Ronggo serta Ki Jalu dengan jalan ke tengah lahan kosong serta menancapkan sebatang “lidi”. Lalu Kyai sakti berkata pada Ki Ronggo serta Ki Jalu. “Barang siapa bisa mencabut lidi yang ditancapkan nya, jadi adalah yang memiliki lahan kosong tersebut”.

Peluang pertama dikerjakan oleh Ki Jalu, di mana ia coba dengan sekuat tenaga untuk mencabut sebatang lidi yang ditancapkan oleh Kyai sakti. Namun usaha Ki Jalu sia sia, karna ia tidak sukses mencabut sebatang lidi itu. Giliran selanjutnya dikerjakan oleh Ki Ronggo, namun hasil nya juga tetaplah nihil.

Karna ke-2 saudara itu tak ada yang dapat untuk mencabut lidi itu, Kyai sakti lah yang mencabutnya sendiri. Fenomena aneh tiba tiba berlangsung saat Kyai sakti mencabut lidi yang ditancapkan nya. Pas sesudah lidi dicabut, tiba tiba dari dalam tanah keluar air yang menyembur keluar. Sampai air itu jadi satu danau serta sekalian menenggelamkan Ki Ronggo serta Ki Jalu.

Oleh karna cerita itu, diberi nama lah danau ini Danau Ronggojalu.

Ada dua buah makam berwarna orange pas tepat di pinggir danau. Makam ini ada dibawah satu pohon serta dikelilingi pagar yang telah agak rusak. Serta oleh warga sekitaran ke-2 makam ini dipercaya jadi makam Ki Ronggo serta Ki Jalu.


Ticket Masuk Danau Ronggojalu Probolinggo 
Danau Ronggojalu senantiasa dipadati pengunjung, terlebih ketika hari libur. Obyek wisata ini begitu disukai karna terkecuali letak nya yang strategis juga harga ticket nya yang begitu ramah.

Harga ticket masuk Danau Ronggojalu cuma Rp. 5. 000/orang.

Note : Harga di atas bisa beralih pada saat waktu

Lokasi Alamat Danau Ronggojalu
Letak danau ini tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo, yakni menelan lebih kurang 30 menit perjalanan jika pergi dari Alun Alun Probolinggo. Persisnya Danau Ronggojalu terdapat di Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur.

Bagiamana? tertarik dengan keindahan Danau Ronggojalu Probolinggo? atau menginginkan bermain main dengan wahana yang ada? silakan luangkan untuk singgah ke wisata ini saat anda bertandang ke Probolinggo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar