Jumat, 25 Mei 2018

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur - Gunung Baluran adalah gunung yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian 1. 247 mtr. diatas permukaan laut. Dengan administrative gunung Baluran terdapat di Kabupaten Situbondo. Gunung Baluran adalah gunung yang ada di ujung timur Pulau Jawa persisnya di lokasi Taman Nasional Baluran. Gunung yang telah tidak aktif ini mempunyai dinding kawah yang dibatasi dengan kaldera dengan kedalaman 600 mtr.. Ada yang memiliki pendapat kalau di samping timur dari gunung ini lebih tinggi sekali lagi. Sesaat di bidang tengah terdiri jadi kaldera yang dalam dengan cekungan kawah yang memadat di dasarnya.

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Nah, dalam artikel di bawah ini anda juga akan di ajak untuk mendaki eksotisme puncak gunung Baluran, wisata Sitobondo, Jawa Timur. Gunung Baluran populer dengan puncaknya yang indah dengan lereng gunung yang seakan dibelah oleh lembah dengan jurang-jurang curam berbatu. Asal kamu paham.kamu mengerti ya, nyatanya jurang-jurang ini pada musim penghujan bisa menyimpan air. Sesaat pada musim kemarau kering serta membuat cekungan curam yang cukup dalam. Jadi anda mesti waspada untuk mendaki ke puncak gunung ini.

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Anda bisa nikmati udara fresh di puncak gunung Baluran serta rasakan pemandangan yang menarik. Anda juga menungunjugi di bidang timur kawah ada darah terbuka yang didalamnya ada sungai kacip dengan ketinggian 150 mdpl. Anda juga akan rasakan udara fresh rimba yang tumbuh di lereng gunung. Walau sarana resmi belum juga dipunyai oleh obyek wisata ini, namun anda tak perlu terasa cemas bila menginginkan bertandang ke lokasi ini. anda dapat naik angkutan umum dan untuk menginapnya sendiri, anda dapat membangun tenda maupun bermalam di bebrapa tempat tinggal warga. Dengan berikut anda juga akan rasakan kekraban dengan saudara-saudara baru serta keluarga baru yang sudah pasti juga akan jadi pengalaman seumur hidup anda.

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Di sekitaran tempat tinggal warga juga ada toko serta warung untuk penuhi keperluan anda didalam perjalanan. Namun, disini belum juga ada yang menyewakan serta jual alat pendakian atau perlengkapan hiking. Sebelumnya anda mendaki dianjurkan untuk menyiapkan semua dengan baik. Dari mulai perbekalan maupun perlengkapan yang anda perlukan sepanjang masa pendakian. Persiapan ini juga akan mempermudah anda serta anda sendiri juga akan terasa nyaman dan tidak terganggu ketika lakukan perjalanan ke Gunung Baluran.

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Pintu masuk pendakian Gunung Baluran melalui Taman Nasional Baluran persisnya ada di Karangtekok serta Wonorejo. Untuk menuju ke Pesanggrahan di Kelor atau Bama anda bisa menempuhnya dengan mobil. Dari pintu masuk Wonorejo anda juga akan mempuh jarak sekitaran 12 km.. Serta saat anda telah tiba di puncak anda juga akan temukan desakan dari lembah Kancip. Di sinilah anda juga akan melihat banyak satwa seperti burung-burung yang langka. Anda bisa berpose serta mengabadikan peristiwa dengan satwa yang nyaris punah ini. namun anda mesti hati-hati saat menjumpai pengawas karna umumnya juga akan dilarang. Namun umumnya, pengunjung serta peneliti seringkali mengendap untuk ambil serta mencermati satwa langka itu.

Pendakian Puncak Gunung Baluran Yang Ada Di Situbondo Jawa Timur

Karna ditumpangi dengan lokasi Taman Nasiona Baluran, jadi waktu mendaki anda juga akan disuguhi dengan spot menarik yang bisa anda menjadikan tempat berwisata. Umumnya spot sebagai pujaan beberapa pendaki yaitu savanna yang luas diisi komplit dengan satwa. Savana ini begitu menarik karna mempunyai pemandangan seperti padang di afrika. Hingga banyak yang mengatakan savanna ini jadi ‘Afrikanya Indonesia’. Sebelumnya lakukan pendakian, anda mesti menghubungi pihak pengelola Taman Nasional Baluran. Sebelumnya lakukan pendakian, anda harus ikuti panduan yang kami beri supaya tidak alami masalah waktu mendaki Gunung Baluran. Tips-nya seperti berikut :
  1. Anda mesti buat gagasan perjalanan anda serta ajukan pertanyaan pada petugas atau warga sekitaran mengenai rute serta info penambahan sekitar Gunung Baluran. 
  2. Buat persiapan fisik serta mental dengan latihan yang cukup sehari-harinya. 
  3. Tekuni tiap-tiap medan serta rute yang juga akan anda tempuh kelak dalam pendakian. 
  4. Buat persiapan semuanya perbekalan serta peralatan yang efisien serta berdaya manfaat besar untuk pendakian. 
  5. Mengatur manajemen logistic serta bahan makanan yang cukup. 
  6. Peroleh ijin serta melapor ke petugas pendakian yang berada di Gunung Baluran. 
  7. Membawa pakaian hangat komplit bersama peralatan mendaki. 
  8. Waktu mendaki anda tidak bisa mengakibatkan kerusakan alam serta harus untuk melindungi degan sebaik-baiknya.

1 komentar:

  1. Ada kontak yg bisa ditanya untuk info pendakian gunung baluran gak ??

    BalasHapus