Jumat, 25 Mei 2018

Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur

Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur - Lakukan aktivitas wisata di Kawah Ijen adalah satu diantara aktivitas wisata yang mengasyikkan untuk isi berlibur Anda. Kawah Ijen adalah satu diantara obyek wisata yang ada di lokasi Jawa Timur, persisnya di daerah Bondowoso.

Lokasi Kawah Ijen 
Obyek wisata Kawah Ijen ini terdapat di puncak Gunung Ijen yang ada di Jawa Timur. Perlu untuk diketahui kalau Gunung Ijen sendiri adalah satu diantara gunung api yang aktif yang ada di propinsi itu.
Gunung api yang mempunyai tinggi 2443 m diatas permukaan air laut ini terdapat pada 3 kabupaten di Jawa Timur. Tiga kabupaten itu yaitu Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, yang letaknya berdekatan Gunung api yang sudah meletus sejumlah 4 kesempatan ini tawarkan pesona kawah yang begitu menarik.

Keindahan Kawah Ijen 


Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur

Berwisata di Kawah Gunung Ijen pasti begitu mengasyikkan karna ditempat itu beberapa wisatawan juga akan disuguhi pemandangan berwarna hijau toska dari danau kawah itu.
Banyak penambang belerang di sekitaran gunung itu pasti jadi pemandangan sendiri untuk beberapa wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata itu sekalian mengisyaratkan kalau gunung itu masih tetap lakukan aktivitasnya.
Anda bisa lihat kesibukan beberapa penambang waktu lakukan pekerjaannya. Mereka juga akan memotong bongkahan belerang yang sudah mengeras serta membeku dengan alat yang begitu simpel, linggis. Bongkahan belerang yang sudah di potong lalu di angkut (pikul) diatas pundak dengan memakai kerangjang.

Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur

Sekitaran 80-100 kg belerang dapat mereka bawa sekali pikul, mengagumkan kuat ya. Diluar itu perjalanan yang perlu mereka tempuh juga lumayan jauh yakni sekitaran 3 km sampai hingga ke tempat pengepul belerang. Beberapa penambang di perbolehkan menganggkut belerang cuma sejumlah 2 x satu hari saja dengan alasan untuk keselamatan.

Terkecuali melihat kesibukan beberapa penambang belerang, satu hal sekali lagi yang dapat anda saksikan serta tidak kalah indahnya yakni pemandangan perkebunan kopi arabica. Anda dapat mempir sebentar untuk lakukan tur singkat berkeliling-keliling areal perkebunan untuk lihat segera sistem pemetikan kopi yang dikerjakan beberapa petani.

Anda dapat juga bertandang untuk lihat sistem pemrosesan biji kopi sampai jadi product kopi arabica yang populer dengan cita rasa-rasanya yang begitu nikmat.
Begitu menarik sekali bukan?

Kenyataan Ilmiah Kawah Ijen 


Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur

Kawah Ijen adalah kaldera yang bisa menyimpan 36 juta mtr. kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luasnya yang menjangkau 5466 hektar. Danau yang ada di puncak gunung itu mempunyai keasaman 0 derajat dengan kedalaman sedalam 200 mtr., hingga dengan keasaman itu, danau Kawah Ijen dapat melarutkan jari manusia dan baju. So berharap waspada bila bertandang ke tempat ini.

Waktu bertandang ke kawah, beberapa pengunjung di wajibkan untuk kenakan masker, hal semacam ini untuk menghadapi terhirupnya gas belerang yang terikut oleh uap asap kawah yang bisa membahayakan kesehatan. Kandungan belerang pada Kawah Ijen termasuk cukuplah tinggi hingga menggunakan masker waktu bertandang jadi satu hal yang harus di kerjakan.
Bila diliat dari statusnya, gunung ini adalah satu diantara gunung api di Indonesia yang masih tetap aktif sampai saat ini. Gunung Ijen terdaftar sempat meletus sejumlah 4 kali pada th. 1796, 1817, 1913, serta 1936.

Keindahan lautan berwarna hijau toska yang ada di puncak gunung itu begitu menarik ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke keberadaannya. Untuk berkunjung ke obyek wisata itu, beberapa wisatawan bisa meniti perjalanan lewat 3 kabupaten yaitu Bondowoso, Banyuwangi, serta Situbondo.

Langkah Menuju Lokasi Wisata Kawah Ijen 
Perjalanan dimulai dari Situbondo mesti menuju ke Sempol dengan melalui Wonosari lalu perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding. Perjalanan dari Situbondo menuju ke Paltuding mempunyai jarak tempuh sekitaran 93 km yang mana perjalanan itu menelan saat sekitaran 2, 5 jam.
Disamping itu, bila ditempuh dari kabupaten Banyuwangi, beberapa wisatawan bisa melalui Licin sebelumnya menuju ke Paltuding. Jarak tempuh dari Banyuwangi menuju ke Paltuding sekitaran 40 km dengan medan yang menanjak.

Pesona Tempat Wisata Kawah Ijen Di Banyuwangi Jawa Timur

Panduan : Bertandang ke Kawah Ijen baiknya dikerjakan dari mulai subuh, karna perjalanan mendaki yang juga akan di tempuh cukup jauh serta melelahkan. Bila pergi pada saat sebelumnya matahari terbit jadi Anda juga akan peroleh bonus berbentuk pemandangan alam serta sunrise yang indah.
Anda dapat bermalam semalam terlebih dulu di penginapan murah dan meriah yang berada di sekitaran Pos Patulding. Pos ini di kelola oleh pihak pemerintah setempat (Dinas Kehutanan. Bila Anda menginginkan membangun tenda serta berkemah, Anda dapat juga mengerjakannya dengan terlebih dulu meiminta izin. Umumnya di sekitaran pos banyak pengunjung yang membangun kemah.
Mudah-mudahan berguna serta selamat berwisata!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar