Minggu, 27 Mei 2018

Pesona Alam Yang Eksotis Penuh Sejarah Tentang Wisata Danau Ranu Klakah Di Probolinggo Jawa Timur

Pesona Alam Yang Eksotis Penuh Sejarah Tentang Wisata Danau Ranu Klakah Di Probolinggo Jawa Timur - Danau memanglah pesona alam yang eksotis serta tidak sempat jemu kita nikmati. Perairan tawar yang disebabkan cekungan di daratan ini sering tawarkan pesona wisata yang indah serta sejuk kita nikmati dengan keluarga. Nah, bila kita tengah liburan di Lumajang, Jawa Timur, bolehlah kita nikmati keindahan satu diantara danau di kota ini.

Danau Klakah, atau orang seringkali mengatakannya jadi Ranu Klakah. Ranu dalam bhs Jawa mempunyai makna danau. Kata Ranu pada akhirnya diserap serta digunakan untuk penyebutan sebagian danau di lokasi Jawa.

Pesona Alam Yang Eksotis Penuh Sejarah Tentang Wisata Danau Ranu Klakah Di Lumajang Jawa Timur

Ranu Klakah terdapat di bagian utara kota Lumajang, persisnya di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah, Lumajang. Dari pusat kota lumajang, Ranu Klakah dapat diraih sesudah meniti perjalanan sekitaran 20 km. Untuk menjangkau tempat ini lewat transportasi umum, sangat gampang seperti naik angkutan umum bahkan juga dapat menggunakan dokar, seperti yang digunakan orang-orang setempat jadi alat transportasi. Diluar itu, akses jalan juga gampang untuk pengendara motor roda dua ataupun mobil roda empat.

Tempat wisata satu ini terdapat pada ketinggian 900 mtr. dpl. Ranu klakah ini mempunyai luas perairan menjangkau sekitaran 22 hektar dengan kedalaman rata – rata sekitaran 28 mtr..

Eksotisme yang ciri khas terpancar dari ranu ini berbentuk fatamorgana kebiruan yang terlihat pada air, hingga serupa dengan fatamorgana warna air di lautan. Diluar itu, ranu klakah ini dilatarbelakangi Gunung Lamongan yang mempunyai ketinggian sekitaran 1668 mtr. dari permukaan laut. Pasti ini jadi pemandangan yang menarik untuk kita nikmati. Terlebih untuk kalian yang menyukai narsis serta memphoto, ranu klakah dapat jadi objek yang menarik untuk kita taruh dalam camera kita.

Terkecuali nikmati pemandangan danau, kesibukan beda yang dapat dikerjakan dengan kerabat ataupun keluarga, dapat jogging melingkari ruang danau. Atau menginginkan menaiki perahu yang disewa untuk mengarungi perairan ini. Disiapkan juga fasilitas permainan anak, berolahraga tenis serta memancing.

Bagian beda dari ranu Klakah ini, nyatanya sempat dikerjakan riset arkeologi berkaitan penemuan benda – benda bersejarah di sekitaran lokasi ranu. Arkeolog dari Balai Arkeologi Jogjakarta sempat temukan sisa sisa bangunan batu bata, yang berdasar pada denahnya di pastikan dahulu adalah sisa Candi yang roboh.

Pesona Alam Yang Eksotis Penuh Sejarah Tentang Wisata Danau Ranu Klakah Di Lumajang Jawa Timur

Menurut arkeolog, memanglah lokasi Ranu Klakah jadi lokasi pemukiman telah ada mulai sejak masa sebelumnya Hindu datang. Dapat dibuktikan dari hasil temuan artefak, sebagian salah satunya seperti susunan batu temu gelang dari masa megalitikum, punden ada juga yang disebut bukti peninggalan masa prasejarah. Hal semacam ini juga yang jadikan ranu klakah jadikan jadi website histori bangsa.

Ranu klakah benar-benar sangat punya pengaruh pada perubahan kota Lumajang sendiri, bahkan juga mulai sejak zaman kerajaan Majapahit. Menurut pembicaraan pakar histori dari Balai Arkeologi Jogjakarta, kehadiran ranu klakah dapat jadi sumber daya alam yang begitu mungkin untuk orang-orang. Potensi ini yang lalu jadi daya tarik Majapahit untuk kuasai lokasi ini. Dalam pemikiran mereka ketika itu, kuasai Ranu Klakah serta lokasi di sekelilingnya bermakna kuasai lokasi pertanian yang begitu luas. Ini juga yang jadikan ranu klakah jadi lumbung padi mulai sejak zaman kerajaan Majapahit sampai saat ini.

Jika kita bertandang ke lokasi Ranu klakah ini, memanglah banyak hasil bumi seperti sayur mayur, buah – buahan, jagung, bawang yang melimpah serta harga nya lebih murah dari pada di daerah beda. Diluar itu, bila cocok kita bertandang tengah musim durian, wah kita dapat nikmati durian lezat yang dijajakan di jalanan menuju ranu ini.

Ranu klakah ini kerapkali jadi tempat wisata alternatif pilihan apabila kalian berkunjung ke Jawa Timur akan berkunjung ke pulau Bali melalui kabupaten Jember. Problem penginapan tenang saja, banyak tersedia sekali fasilitas hotel untuk bermalam di sekitaran daerah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar