Senin, 28 Mei 2018

Cerita Penuh Misteri Sejarah Goa Kucing Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

Cerita Penuh Misteri Sejarah Goa Kucing Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur - Pesona Gili Ketapang tidak berhenti pada terumbu karang dan pantainya saja. Nyatanya ada sekali lagi satu tempat yg unik berbau histori dan mistik, Goa Kucing namanya.
Goa Kucing Gili Ketapang seperti namanya tempat ini memanglah banyak di huni oleh kucing2 liar di sekitaran goa itu, goa ini berada di tepi pantai timur gili ketapang, konon kucing2 ini disakralkan dan mengedar mitos kalau kemunculan kucing2 ini dengan gaib karna pada malam spesifik seperti senin atau jumat legi tidak seperti umumnya kemunculan kucing2 ini hingga sejumlah beberapa ratus kucing, wow mistis bukan? tentu wisatawan heran dan bertanya2 dg alur fikir yg logis, tapi tersebut goa kucing dan semua mitos2 yg mengedar di orang-orang setempat.

Nah, telah ngerti kan saat ini mengapa dinamakann goa kucing? Sesudah mengulas latar belakang mengapa dimaksud goa kucing?! saat ini admin juga akan bercerita dan berikan info mengenai goa kucing dengan detil.

Cerita Penuh Misteri Sejarah Goa Kucing Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

1. GOA KUCING GILI KETAPANG ADALAH TEMPAT BERSEJARAH 

Di sini admin juga akan mengulas sedikit histori yg terdapat di goa kucing.
Jaman dulu, pada jaman kerajaan di mana masyarakat indonesia sebagian besar berpedoman agama Hindu & pulau gili ketapang belumlah ada penduduknya. Ada seseorang ulama besar yg menebar luaskan agama islam di tanah jawa persisnya dijawa timur. Nah, nyatanya pulau gili ketapang ini dahulu sama tokoh2 ulama di saat itu seringkali di buat tempat beristirahat atau tafaqur (meditasi) untuk mendekatkan diri pada sang khaliq (pencipta). Bukti peninggalan dr Syaikh Maulana Ishaq (satu diantara tokoh perlu agama islam) berbentuk petilasan (tempat bersila) yg ada jejaknya hingga saat ini yg dirawat dg baik dan disakralkan. Konon, sebelumnya tempat ini dijaga & di buat bangunan spesial petilasan ini sering kali keluarkan sinar. Kemilau sinar ini begitu jelas hingga terlihat orang2 nelayan yg menangkap ikan dilaut. Nah, mulai sejak tersebut tempat ini dibuat dan disakralkan oleh masyarakat setempat.

2. GOA KUCING GILI KETAPANG OBJEK WISATA RELIGI SEBELUM ADANYA WISATA SNORKELING 

Nah, butuh wisatawan tahu, dahulu sebelumnya Gili Ketapang populer juga akan Wisata Snorklingnya Goa Kucing jadi satu2 nya objek beberapa pengunjung. Mula2 ada pendatang yg datang ke pulau ini lantas mereka berjalan2 lantas menelusuri pulau ini hingga mereka tiba di goa kucing, dari sini mereka bertanya2 mengapa ada Goa, Kucing, Bangunan yg disakralkan dan lain-lain. Dari situ nyatanya pendatang tsb mencari info ke masyarakat setempat tentang goa kucing ini. Rupanya pendatang itu yaitu mahasiswa yang sukai travelling & sukai bertandang ke tujuan2 baru. Dari situlah mereka mengungkapkan perjalanan mereka di internet & medsos lantas menceritakan mulut ke mulut hingga menyebar luas. Tidak berselang lama nama goa kucing sedikit familiar terutama kelompok paruh baya di pedesaan yang banyak berziaroh ditempat ini, hingga Goa Kucing di kenal dg wisata religi.

Cerita Penuh Misteri Sejarah Goa Kucing Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

3. KEISTIMEWAAN & ALASAN WISATAWAN BERKUNJUNG DI GOA KUCING GILI KETAPANG 

Goa Kucing mempunyai daya tarik sendiri untuk pengunjung, bagaimana tidak?
Nah, utk menjawab pertanyaan itu saat ini admin juga akan bercerita sebelumnya dan setelah ada wisata snorkling. Karna pasti nilai peranan nya telah berbeda sekali lagi dan argumen wisatawan pasti berlainan menurut saat dan kondisinya.

Sebelumnya ada wisata Snorkling gili Ketapang
dahulu sebelumnya ada pengelolaan wisata snorkling di gili ketapang terdapat banyak argumen dan motivasi beberapa pendatang bertandang ditempat ini salah satunya yaitu maksud ziaroh, bersemedi di goa gucing manfaat memperoleh pusaka dan lain-lain, mencari keberuntungan dg keinginan supaya di permudahkan rezekinya dan ada juga yang mengharapkan minta jodoh yg baik (nah, ini yg tidak bisa, tempat yang awalannya suci makin lama di kotori oleh niat2 manusianya sendiri, karna pasti rezeki dan jodoh itu Tuhan yg mengatur, karna pasti perbuatan ini yaitu musyrikh).

Kesimpulanya yaitu dahulu Goa Kucing Gili Ketapang mempunyai nilai magis untuk pengunjung

Sesudah ada wisata snorkling
Nah saat ini Goa Kucing adalah nilai plus untuk pengunjung, mengapa dapat demikian? Juga akan admin jawab :
Pertama : Karna berada di pantai timur yang adalah beberapa besar pantainya banyak menyebar batu2 karang besar dan di dorong keindahan deretan pohon di ruang goa kucing ini yang memanglah bagus utk latar belakang photo, jadi cocok buat selfie atau mengabadikan event dg berfoto2 di sini. Oleh karena itu begitu kurang komplit rasa-rasanya untuk beberapa travellers jg photografer jika gak nyoba yg satu ini.

Namun akses untuk ke lokasi Goa Kucing Probolinggo ini memakai kapal mengingat lokasi ini bertolak belakang dan pasti jauh dari lokasi Rest Ruang Wisata Snorkeling (Tempat Istirahat Wisatawan), Jadi pasti dari itu untuk hingga ke lokasi Goa Kucing ini KONDISIONAL dg gunakan surut nya air laut.

Iya Goa Kucing dg keindahan batu karang dan deretan pohon-pohon nya satu pesona yg lengkapi Gili Ketapang adalah Syurga Kota Probolinggo yang tidak sempat habis untuk di nikmati. Satu karya Tuhan yang maha menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar