Sabtu, 31 Agustus 2019

Kisah Sejarah Makna Simbol Monumen Tugu Muda Peristiwa Pertempuran 5 Hari Di Semarang

Kisah Sejarah Makna Simbol Monumen Tugu Muda Peristiwa Pertempuran 5 Hari Di Semarang Tidak hanya Lawang Sewu, satu wisata riwayat di Semarang Kota yang harus Anda datangi yakni Monumen Tugu Muda. Landmark ikonik ini adalah lambang perjuangan, dibuat untuk kembali kenang momen pertarungan 5 hari di Semarang. 



Beberapa pilihan tujuan riwayat di Kota Semarang yang bisa Kamu sambangi. Jadi tidak butuh bingung harus pergi ke mana? Bila sedang traveling ke Semarang, tidak ada kelirunya berkunjung ke Monumen Tugu Muda Semarang. Tetap jadi fokus perhatian, sebab ada di perempatan jalan protokoler. Tidak hanya mempunyai bangunan indah, historisnya juga menarik untuk diamati. 

Letak Monumen Tugu Muda di Jl. Yudistira No. 5, Kelurahan Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada dekat Museum Mandala Bhakti serta Lawang Sewu. Strategis di pusat kota, akses jalan ke arah tempat gampang. Dapat memakai transportasi bis/mobil/motor. Jika dari jauh naiklah pesawat. Jangan pergi sendirian, bawalah rekan traveling supaya hebat. 


Terhitung wisata riwayat di Semarang populer seperti dalam Museum Lawang Sewu serta Candi Gedung Songo. Tugu Muda tetap ramai didatangi pelancong, khususnya di hari libur nasional serta akhir minggu. Ingin tahu ingin tahu, mereka traveler yang ketertarikan pada historis serta bangunan bersejarah. Yang pasti landmark ikonik ini membuat ingin tahu kebanyakan orang. 

Dalam sejarahnya Monumen Tugu Muda Semarang ini dibuat untuk kembali kenang layanan beberapa pahlawan yang sudah gugur dalam pertarungan 5 hari di Semarang. Tugu Muda ini memvisualisasikan mengenai semangat juang serta patriotisme, terutamanya beberapa pemuda yang gigih serta ikhlas berkorban dengan semangat tinggi menjaga kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. 


Dari sisi arsitektur, Tugu Muda berupa lilin yang mempunyai makna filosofi semangat juang beberapa pejuang untuk menjaga kemerdakaan RI yang belum pernah padam. Penampang Tugu Muda berupa sisi lima. Tugu ini terbagi dalam tiga sisi yakni landasan, tubuh serta kepala. Keseluruan terbuat dari batu. Pada bagian landasan tugu ada relief dengan lima buah sanggar pilar. 

Ada spot kolam hias, air mancur, lampu hias warna-warni serta taman hias. Itu meningkatkan keindahan landmark. Perlu untuk diketahui jika Tugu Muda Semarang ini diresmikan oleh Presiden Soekarno, bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Selain itu, tidak dikit mereka traveler manfaatkan indahnya Tugu Muda untuk berpose selfie atau ngevlog. 

Kapan Kamu ke sini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar